15 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Klaten Yang Terkenal

Tempat Wisata Kuliner Di Klaten - Ini dia daftar kuliner enak di Klaten Jawa Tengah yang paling terkenal dan recommended. Dari mulai makanan khas, jajanan tradisional, sampai hidangan nusantara ada semua disini. Gak kalah lezat deh bila dibandingkan dengan aneka kuliner di Jogja atau pun Bandung.

Kota Klaten yang terletak antara Yogyakarta dan Solo sering menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang sedang bepergian ke dua kota tersebut. Selain memiliki sejumlah destinasi wisata yang cukup populer seperti Umbul Ponggok, Klaten juga punya sajian kuliner enak yang bakal bikin kamu ketagihan.

Sebut saja sup ayam Pak Min Klaten yang sudah tersohor di Kota Yogyakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Tak hanya sup, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas-nya yang benar-benar maknyus.

Nah, pada kesempatan kali ini Tempat Plesir akan berbagi info rekomendasi tempat makan enak di Klaten yang bisa kamu jadikan referensi saat liburan disini. List yang saya buat ini untuk semua kalangan, jadi bagi kamu yang muslim wajib berhati-hati, pilihlah kuliner yang halal!

Daftar Tempat Wisata Kuliner Khas Di Klaten Yang Enak Dan Terkenal

1. Sop Ayam Pak Min

tempat wisata kuliner di klaten
Tempat wisata kuliner di Klaten Sop Ayam Pak Min (Foto : @gw_yayang)
Siapa seh yang tak mengenal sop ayam buatan Pak Min Klaten? Dengan cita rasanya gurih membuat Sop Ayam Pak Min menjadi primadona kuliner enak di setiap sudut kota Klaten. Bahkan saat ini Pak Min sudah memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia.

 Ada berbagai macam jenis sop ayam yang dijajakan di warung makan ini seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam.

Berbeda dengan soto pada umumnya, sop ayam ini tidak menggunakan bumbu jahe dan santan. Sop Ayam Pak Min yang dikenal juga dengan sebutan sop ayam pecok asli Klaten ini menggunakan ayam kampung sebagai kaldunya.

Kuahnya yang begitu bening dengan aroma yang lezat akan menggugah selera kamu untuk segera menikmatinya. Sop ayam ini juga sangat enak dinikmati dengan lauk pauk yang tersedia seperti tempe, tahu, dan perkedel.

2. Sop Ayam Pak Slamet

kuliner enak di klaten
Kuliner enak di Klaten Sop Ayam Pak Slamet (Foto : azizah_rahma)
Satu lagi sop ayam khas Klaten yang terkenal enak yaitu Sop Ayam Pak Slamet. Warung sop ayam pak ini mulai buka dari pukul 6 pagi. Jadi, pas banget buat menu sarapan pagi kamu di Klaten.

Sop Ayam Pak Slamet disajikan dengan ayam yang bisa di pilih sendiri oleh pembelinya. Setelah pembeli memilih pilihannya barulah ayam di potong dan di sajikan dengan tambahan kol dan juga kuah yang di beri cabe rawit.

Sebagai lauk tambahan, tersedia juga tahu , tempe, perkedel dan lauk lainnya. Untuk lokasi Sop Ayam Pak Slamet terletak di Jl. Wijaya Kusuma No. 6 dan Jl. Pemuda Klaten.

3. Nasi Tumpang Lethok

kuliner khas klaten
Kuliner khas Klaten Nasi Tumpang Lethok (Foto : imgrum.net)
Selain nyobain sop ayamnya yang maknyus, kamu juga wajib deh mencicipi makanan khas Klaten yang bernama Nasi Tumpang Lethok. Kuliner khas Klaten ini bisa kamu temukan di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto hingga daerah perlimaan Bramen di pagi hari.

Salah satu tempat makan enak yang menyediakan Nasi Tumpang Lethok adalah warungnya Mbak Riyanti. Kamu bisa memesan Nasi Tumpang Lethok istimewa komplit untuk mengobati rasa penasaranmu soal cita rasanya.

Hidangan kuliner ini disajikan dengan kurapan gudangan daun pepaya, bayem, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, dan koyor. Rasanya benar-benar mantap di lidah dengan sajian bumbu yang khas banget.

4. Kepelan

makanan khas klaten
Makanan khas Klaten Kepelan (Foto : pariwisataklaten.com)
Nah, bagi kamu yang suka ngemil, tak ada salahnya mencoba kudapan atau camilan khas Klaten yang disebut Kepelan. Apa seh kepelan itu? Makanan apaan tuh?

Kepelan merupakan makanan ringan dari Desa Keden, Kecamatan Pedan. Jajanan khas ini terbuat dari tepung gandum yang dibumbui bawang merah, bawang putih, merica, dan garam.

Bentuknya sendiri bulat dengan cita rasa gurih yang mendominasi. Biasanya kepelan ini dimakan dengan cocolan saus selagi masih hangat.

Namun kamu nggak perlu jauh-jauh datang ke Pedan buat nyobain camilan lezat ini. Di daerah alun-alun Klaten sudah banyak kok pedagang yang menjual kepelan.

5. Ayam Panggang Klaten

ayam panggang klaten
Ilustrasi ayam panggang Klaten (Foto : diahdidi.com)
Kuliner khas selanjutnya yang wajib kamu coba ketika berada di Kota Klaten ini adalah ayam panggang. Ada beberapa ayam panggang yang terkenal dan legendaris di Klaten yang bisa kamu sambangi diantaranya  Ny. Anggraini di Jl.Rajawali No.113 dan Toko Florida di Jl.Pemuda No. 61.

Ayam panggang khas Klaten Jawa Tengah ini memiliki yang gurih dan manis. Bumbu yang areh digunakan terbuat dari berbagai rempah-rempah Jawa dan santan. Ayam panggang ini dimasak dengan cara diungkep sehingga benar-benar khas banget.

Dengan ditemani nasi putih masih panas dan sambal pedas, membuat ayam panggang ini begitu nikmat di lidah. Sayang banget kalau kamu sampai melewatkan kuliner enak Klaten yang satu ini.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

6. Ayam Bakar Pak Widodo

ayam bakar
Ilustrasi Ayam Bakar (Foto : hujanbulanmei.tumblr.com)
Selain ayam panggang, kamu juga bisa nyobain kelezatan Ayam bakar di Klaten. Nah, salah satu ayam bakar paling terkenal di Klaten adalah Ayam Bakar Pak Widodo.

Untuk merasakan kenikmatannya, kamu bisa langsung datang ke cabangnya ayam bakar Pak Widodo yang berada di utara masjid Sidowayah Klaten, tak jauh kok dari alun-alun Klaten.

Ayam bakar Pak Widodo ini dibakar dengan berbagai bumbu yang begitu meresap hingga ke dalam dagingnya. Tak ayal ayam bakar ini pun menjadi jawara ayam bakar paling enak di Klaten.

7. Soto Bebek & Bebek Bacem

soto bebek bacem
Ilustrasi soto bebek dan bebek bacem khas Klaten (Foto : kulineranbarenglala.blogspot.co.id)
Tak hanya Semarang dan Kudus yang punya soto khas, Klaten juga ada lho! Namanya Soto Bebek yang biasa dimakan dengan bebek bacem.

Soto bebek ini bisa kamu jumpai di daerah Karanglo, Gondang, Klaten. Di sepanjang jalan raya Jogja-Solo ini, bakalan kamu temui deretan warung soto bebek. Salah satu warung soto bebek yang paling terkenal, enak, dan legendaris adalah milik Bu Siswo yang sudah berdiri sejak 1953.

Warung Bu Siswo lokasinya tak jauh dari pabrik gula Gondang Winangun. Selain soto bebek, menu andalan lain di tempat makan ini adalah bebek bacem. Konon kabarnya warung inilah yang pertama kali memperkenalkan kuliner bebek bacem di Klaten.

Bebek bacem ini disajikan dengan bacem goreng dan bacem yang dibakar. Rasany benar-benartop markotop (pinjam istilahnya pak bondan winarno, hehe). 
Buat kamu para pecinta olahan daging bebek, rasanya wajib deh mendatangi warung soto bebek dan bebek bacem Bu Siswo ini saat kamu liburan di Kota Klaten.

8. Bakmi Miroso
bakmi miroso
Bakmi Miroso Klaten (Foto : makanjogja.com)
Bagi kamu yang suka makanan chinese food, di Klaten ada juga rumah makan yang menyajikan aneka makanan ini. Namanya adalah Bakmi Miroso yang terletak tak jauh dari alun-alun Klaten. Namun posisinya berada di dalam kampung sehingga agak susah dicari.

Bakmi Miroso adalah rumah makan enak di Klaten yang terkenal dan legendaris. Semua masakan chinese food tersedia di rumah makan ini, mulai dari nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit.

9. Angkringan / HIK

angkringan klaten
Ilustrasi angkringan Klaten (Foto : esont.wordpress.com)
Angkringan mungkin identik dengan kuliner Jogja, namun sapa sangka konon kabarnya angkringan atau HIK berawal dari kawasan Cawas Klaten. Pelopornya adalah Mbah Pairo yang kemudian akhirnya terkenal di Yogyakarta sampai sekarang dengan sebutan angkringan Lik Man yang merupakan putranya sendiri.

Benar tidaknya kabar tersebut, yang jelas kamu wajib deh mengunjungi salah satu angkringan terkenal di Klaten yang bernama angkringan Jumali di daerah Sekarsuli Jl. Mayor Kusmanto. Di tempat ini tersedia berbagai pilihan angkringan yang enak dan murah meriah.

Nasi kucingnya yang berisikan bandeng dan sambel disajikan di atas piring, dengan berbagai lauk pauk yang nikmat. Dengan nasi yang masih hangat dan sambalnya yang pedas tentu akan membuat kamu semakin lahap menyantapnya.

10. Keripik Cakar, Belut, dan Paru

camilan khas klaten
Camilan khas Klaten (Foto : flickr.com)
Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas Klaten Jawa Tengah jangan sampai melewatkan Keripik Cakar, Belut, dan Paru. Camilan khas Klaten ini rasanya renyah dan gurih, pas banget buat camilan sambil nonton TV atau ngobrol santai.

Untuk mendapatkannya kamu bisa mengunjungi salah satu tempat pusat oleh-oleh Klaten Bu Mangun di Rajawali, Gg Latarputih 15, Bareng, Klaten. Dengan membawa keripik ini berarti kamu sudah sah berkunjung ke kota ini.

Baca Juga : 10 Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

11. Sate Kambing Pak Suli

sate kambing klaten
Ilustrasi sate kambing khas Klaten (Foto : flickr.com)
Hampir setiap daerah punya warung sate andalan, tak kecuali kota Klaten. Bagi kamu penggemar sate kambing, saatnya mencicipi sate kambing paling enak di Klaten yaitu sate kambing Pak Suli. Lokasinya berada di depan kantor Pertanahan Klaten.

Sate kambing Pak Suli mempunyai tekstur daging yang sangat empuk dan lezat di lidah. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya. Warung makan ini buka mulai jam 16.30 WIB hingga satenya habis.

12. Warung Lontong “Bu Mirah”

lontong bu mirah klaten
Ilustrasi lontong Bu Mirah Klaten (Foto : flickr.com)
Kalau kuliner yang satu ini tentu kamu tak asing lagi bukan? Ya, lontong merupakan makanan yang bisa ditemukan dimana saja. Hampir setiap kota ada penjual lontong. Bagi kamu yang sedang berada di Klaten, coba deh mampir ke Warung Lontong “Bu Mirah”.

Lontong Bu Mirah menggunakan ayam kampung asli sebagai menu hidangannya, sehingga rasanya sangat mantap di lidah. Pas banget buat menu sarapan pagi hari.

Lokasi warung Lontong ini akan mudah kamu temukan, karena letaknya yang berada di tengah kota Klaten. Warung lontong Bu Mirah sudah berdiri sejak tahun 1945, yang dikelola oleh keturunan Bu Mirah yaitu Bu Handoko.

Untuk merasakan kelezatan lontong opor yang satu ini, kamu harus datang pagi hari. Karena warung ini hanya buka dari jam 04.30 hingga jam 10.00 siang. Kalau datangnya siang atau sore ya jelas dah gak ke bagian.

13. Rumah Makan Bu Mayar Cawas

rumah makan bu mayar cawas
Ilustrasi menu makanan di rumah makan Bu Mayar Cawas (Foto : flickr.com)
Bagi kamu yang sering berpergian Yogyakarta -Solo, tak ada salahnya mampir ke Rumah Makan Bu Mayar Cawas ketika perut mulai keroncongan. Rumah makan enak di Klaten ini menyediakan berbagai menu andalan yang memiliki julukin unik yaitu “Nasi Terancam”.

Nasi Terancam adalah perpaduan antara nasi dengan berbagai macam sayuran mentah. Biasanya menu ini menjadi satu paket dengan ayam goreng jawa.

Rasa masakan ini sangat lezat dan juga memiliki aroma rempah yang khas. Kamu bakalan ketagihan deh klo sudah sekali merasakannya. Lokasi rumah makan ini berada di pinggiran jalan arah Yogyakarta menuju Solo dan buka mulai jam 7 pagi hingga jam 9 malam.

14. Soto Ayam Barokah

soto ayam barokah
Iustrasi soto ayam Barokah Klaten (Foto : dewikuliner.blogspot.co.id/)
Klaten juga punya soto yang enak lho guys, gak kalah deh sama soto Kudus atau Soto Bangkong khas Semarang. Namanya adalah Soto Ayam Barokah ini hadir dengan menawarkan soto yang khas. Kamu bisa menemukan Soto Ayam Barokah di Jl. alun-alun timur Klaten.

Soto ini diramu dengan menggunakan bumbu khas dan diberi potongan daging. Sebagai teman menyantap soto, ada beberapa lauk yang tersedia di tempat makan ini, seperti tempe, tahu, sate kerang, sate mapela dan lainnya.

15. Bebek Goreng Pak Tohir

bebek goreng pak tohir
Ilustrasi bebek goreng (Foto : dewikuliner.blogspot.co.id/)
Selain bebek bacem yang sudah tersohor, ada juga bebek goreng Pak Tohir yang gak kalah maknyus.
Daging bebek goreng disini sangat garing dan renyah, rasanya pun mantap di lidah.

Bebek goreng khas Pak Tohir dan sambal bawang yang pedas akan membuat kamu ketagihan. Penasaran? Datang saja langsung ke Bebek Pak Tohir di Beosole Ceper Klaten.

Bagaimana guys? Makanan khas Klaten memang enak dan maknyus bukan? Makanya, buruan deh liburan ke kota Klaten untuk menikmati aneka hidangannya yang lezat. Bagi kamu yang punya info tambahan tentang aneka kuliner khas Klaten lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

0 Response to "15 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Klaten Yang Terkenal"

Poskan Komentar