5 Air Terjun Di Lombok Yang Paling Indah Dan Keren

Air Terjun Di Lombok - Pulau Lombok tidak hanya terkenal akan pantainya yang eksotis. Lombok juga punya wisata air terjun yang sangat indah dan mempesona. Nah, pada kesempatan ini Tempat Plesir akan berbagi info air terjun yang super keren dan cantik. Pas banget buat hunting foto dan refreshing. Kelima air terjun ini tentunya tak kalah indah dengan Gili Trawangan yang sudah sangat tersohor itu.

Air Terjun Di Lombok Yang Paling Indah Dan Keren

1. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep (Foto : cahayadalamframe.wordpress.com)

Air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras dan besar. Namun kolam yang berada di bawahnya tidak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolam lembut, sehingga memudahkan pengunjung untuk berenang. Air terjun Tiu Kelep masuk dalam daftar tempat wisata di Lombok yang sangat indah.

Dalam bahasa Sasak “Kelep” bermakna “terbang”. Sehingga nama ini ingin menggambarkan kondisi air terjun yang buih-buih airnya berterbangan di kolam. Air terjun Tiu Kelep berjarak kurang lebih 60 km dari Mataram. Tepatnya berada di Desa Senaru, sekitar 15 menit dari air terjun Sendang Gile.
2. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile (Foto : caderabdul.wordpress.com)

Air Terjun Sendang Gile merupakan salah satu objek wisata di Lombok yang paling terkenal diantara air terjun yang lainnya. Air terjun ini mempunyai tinggi sekitar 35 meter. Airnya yang jernih dan dingin membuat wisatawan selalu menghabiskan waktu untuk mandi dan bermain di sungai yang menampung limpahan air dari bukit.

Keindahan Sendang Gile didukung dengan aneka pohon dan tumbuhan yang berjajar di sepanjang mata memandang. Lokasi air terjun ini tidaklah terlalu jauh, Anda hanya akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari jalur treking menuju Gunung Rinjani. Jalanan menuju air terjun sudah ditata demikian rupa sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesasar.

2. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu (Foto : caderabdul.wordpress.com)

Lokasi air terjun yang satu ini berada di Benang Stokel, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Wisata alam air terjun ini berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Air Terjun Benang Kelambu terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan.

Anda bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Disarankan agar Anda bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi air terjun ini. Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu. Atau Anda juga bisa menanyakan pada petugas hotel atau agen tur.

Pada air terjun ini, air seolah-olah keluar dari rimbunan tumbuhan. Sebenarnya air terjun ini berasal dari banyak mata air, yang keluar langsung melalui celah-celah di sepanjang tebing. Namun karena tebingnya tertutup dengan tumbuhan yang tumbuh subur, terlihat seakan air keluar dari rimbunan tumbuhan tersebut.

Air terjun ini dinamai Air Terjun Benang Kelambu karena terjunan airnya yang berbentuk seperti kelambu. Air terjun ini memiliki 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air, dan memiliki ketinggian sekitar 30 Meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter. Tingkat yang ketiga memiliki ketinggian hanya 5 Meter.

4. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja (Foto : caderabdul.wordpress.com)

Air terjun Kembar Tiu Teja terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter yang tersembunyi di belantar hutan Gunung Rinjani yang masih alami dan asri ini, menurut para wisatawan yang pernah berkunjung, panorama keindahannya bahkan mengalahkan air terjun lain yang sudah berkembang sebagai destinasi wisata lebih dulu.

Kalau air terjun lain, air yang meluncur turun biasanya tunggal (satu), atau lebar jika sumber air yang mengalir deras. Maka air terjun Tiu Teja memiliki dua mata air terjun yang meluncur secara berdampingan. Indahnya lagi, ketika mendapat sinar matahari, sewaktu waktu akan muncul sinar pelangi diantara bias titik-titik air yang meluncur.

Dari Kota Mataram, air terjun Tiu Teja berjarak sekitar 60Km, atau sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Karena jalur menuju lokasi air terjun dari jalan utama desa masih melintasi kebun dan hutan yang lebat sejauh 2 KM, saran kepada pengunjung agar menggunakan kendaraan sepeda motor saja. Bisa menggunakan mobil, tapi hanya bisa sampai di pintu gerbang di pinggiran jalan desa. Untuk menuju lokasi selanjutnya bisa menyewa jasa tukang ojek.

5. Air Terjun Sekeper

Air Terjun Sekeper (Foto : Imran Iswadi via skyscrapercity.com)

Air Terjun Sekeper termasuk salah satu tempat wisata di Lombok yang terkenal dan wajib dikunjungi bagi pecinta trekking semi ekstrim. Kenapa semi ekstrim? Hal ini karena Air Terjun Sekeper merupakan air terjun tertinggi di Lombok yang eksotis dan perlu perjuangan keras untuk sampai ke lokasinya. Ketinggiannya sekitar 113 meter. Tinggi banget bukan? Melebihi air terjun di Lombok yang lainnya.

Butuh sekitar empat jam perjalanan untuk bisa menginjakkan kaki di air terjun sekeper ini jika kita berangkat dari arah mataram menggunakan sepeda motor. Melewati rute mataram – pusuk – santong akan memakan waktu sekitar dua jam.

Anda bisa memarkir kendaraan anda di depan gerbang masuk tiu teja tentunya setelah anda membayar tiket masuk yang tergolong murah sebesar Rp. 3000/orang dan  retribusi parkir sejumlah Rp. 5.000/ kendaraan di gerbang utama. setelah memastikan kendaraan anda dalam keadaan aman, maka inilah saatnya menyiapkan diri untuk memulai petualangan.

Di awal perjalanan Anda akan melewati hutan yang banyak ditumbuhi kopi liar, kebun kakao, dan lainnya. Sobat traveler juga akan menemukan sebuah jembatan kayu tua yang sudah lapuk. Untuk alasan keamanan, tidak dianjurkan Anda untuk berjalan diatasnya. Lebih baik sobat traveler berjalan melintasi sungai lewat bawah jembatan.

Selama perjalanan Anda akan menerobos rimba, menjejakkan ribuan langkah kaki di atas jalan setapak yang sangat sempit, terjal, dan tentunya licin. tetaplah waspada dan hati-hati karena di samping kanan anda adalah jurang yang siap mengakhiri kisah anda. haha..

Anda juga perlu mewaspadai sebuah tanaman liar bernama jelateng. Bagian yang berbahaya dari jelateng ini adalah daunnya yang bisa membuat kulit menjadi gatal dan terbakar selama dua hari. Jadi,  sebisa mungkin untuk menghindari kontak dari dedaunan di sepanjang rute.

Ketika perjuangan telah berakhir, saatnya memanjakan mata sobat traveler dengan panorama yang keren banget. Aliran sungainya memiliki air yang jernih sekali, tak ada sampah sedikitpun. Airnya dingin dan menyegarkan. Kelelahan selama dua jam jalan kaki akan hilang seketika. Nah, itu dia sekilas info tentang wisata air terjun di Lombok yang paling indah, semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Air Terjun Di Lombok Yang Paling Indah Dan Keren"

Posting Komentar